Selasa, 25 Oktober 2011

E-AGRICULTURE ( PERTANIAN )

Pengertian Pertanian

Secara umum pengertian dari pertanian adalah suatu kegiatan manusia yang termasuk di dalamnya yaitu bercocok tanam, peternakan, perikanan dan juga kehutanan. Sebagian besar mata pencaharian masyarakat di Negeri Indonesia adalah sebagai petani, sehingga sektor pertanian sangat penting untuk dikembangkan di negara kita.

Bentuk-Bentuk Pertanian Di Indonesia :

1. Sawah

Sawah adalah suatu bentuk pertanian yang dilakukan di lahan basah dan memerlukan banyak air baik sawah irigasi, sawah lebak, sawah tadah hujan maupun sawah pasang surut.

2. Tegalan

Tegalan adalah suatu daerah dengan lahan kering yang bergantung pada pengairan air hujan, ditanami tanaman musiman atau tahunan dan terpisah dari lingkungan dalam sekitar rumah. Lahan tegalan tanahnya sulit untuk dibuat pengairan irigasi karena permukaan yang tidak rata. Pada saat musim kemarau lahan tegalan akan kering dan sulit untuk ditubuhi tanaman pertanian.

3. Pekarangan

Perkarangan adalah suatu lahan yang berada di lingkungan dalam rumah (biasanya dipagari dan masuk ke wilayah rumah) yang dimanfaatkan / digunakan untuk ditanami tanaman pertanian.

4. Ladang Berpindah

Ladang berpindah adalah suatu kegiatan pertanian yang dilakukan di banyak lahan hasil pembukaan hutan atau semak di mana setelah beberapa kali panen / ditanami, maka tanah sudah tidak subur sehingga perlu pindah ke lahan lain yang subur atau lahan yang sudah lama tidak digarap..

Beberapa Hasil-Hasil Pertanian Di Indonesia :

1. Pertanian Tanaman Pangan
- Padi
- Jagung
- Kedelai
- Kacang Tanah
- Ubi Jalar
- Ketela Pohon

2. Pertanian Tanaman Perdagangan
- Kopi
- Teh
- Kelapa
- Karet
- Kina
- Cengkeh
- Kapas
- Tembakau
- Kelapa Sawit
- Tebu


Contoh link website e-agriculture :

http://www.detiknas.org/index.php/flagship/c/17/81/E-Agriculture-Pemanfaatan-TIK-untuk-Peningkatan-Kinerja-Bidang-Pertanian/

Tampilan wesite seperti dibawah ini :

Penjelasan dari isi website :

Situs ini menjelaskan tentang pertanian yang ramah dengan lingkungan, dimana semua itu melibatkan banyak entitas didalamnya. Terdapat juga manfaat dari di bangunnya e-agriculture yaitu menjamin kegiatan pertanian yang berkelanjutan yang mengintegrasikan tiga tujuan yaitu: ramah lingkungan, pertanian yang menguntungkan, dan masyarakat petani yang makmur. DeTIKnas mengajak Kementrian Pertanian sebagai mitra utamanya. Dan dari hasil pertemuan dengan Kementrian Pertanian pada tgl 17 Mei 2010, disepakati akan ada tindak lanjut pengembangan kerangka e-agriculture Indonesia. Dengan adanya pembagunan e-agriculture diharapkan dapat membuat hidup petani lebih baik.

Minggu, 09 Oktober 2011

Bisnis Laundry Rumahan

Laundry Kiloan

Didaerah rumah saya ada sebuah pengusaha kecil dimana usaha yang dikelolanya adalah laundry kiloan. Dimana masyarakat sekitar dapat mencuci maupun menyetrika baju meraka dengan hanya membayar 6000 rupiah perkilonya. Untuk modal utama mereka tidak memerlukan modal yang cukup besar mereka hanya memerlukan dua buah mesin cuci dan dua setrikaan. Dengan usaha ini pengusaha kecil tersebut dapat mendapatkan omset perbulannya sekitar tiga juta rupiah.

Karena banyaknya minat masyarakat untuk menyuci maupun menyetrika baju mereka, pengusaha kecil tersebut mempekerjakan orang untuk membantu dalam toko. Pemilik usaha ini merekrut orang tersebut berasal dari masyarakat sekitar rumah tinggalnya dimana mereka yang tidak memiliki pekerjaan. Karena bisnis ini tidak perlu kemampuan sehingga pemilik memilih begitu saja orang yang ada tanpa melihat kemampuan mereka, asal mereka mau bertanggung jawab atas apa yang mereka kerjakan.

Pemilik usaha ini tidak memberikan jaminan apa-apa terhadap barang yang dicuci oleh pekerjanya apabila baju tersebut luntur ataupun robek. Karena pemilinya tidak mungkin menganti barang tersebut dengan yang baru, karena dapat merugikan usahanya tersebut. Pemilik usaha tersebut hanya dapat mengucapkan minta maaf kepada pemilik baju yang dirugikan karena baju mereka rusak. Oleh karena itu pemilik usaha ini berusaha untuk tidak mengecewakan pelanggannya dengan memberikan yang terbaik bagi konsumen.

Rabu, 13 April 2011

Game tic tac toe

"Game Tic Tac Toe"

Tujuan
Tujuan dari game ini adalah untuk mengasah strategi user untuk dapat mengalahkan CPU.Dan mengimplementasikan strategi tersebut dengan posisi.Game ini juga mengasah daya pikir user agar user mampu bertindak dengan cepat, tepat dan benar. Selain itu game ini juga berfungsi sebagai hiburan atau pengisi waktu senggang.

Tentang game
Game ini dirancang dengan menggunakan netbeans yang berbasis mobile yaitu j2me. Yang dapat diaplikasikan diberbagai handphone yang mendukung platform java. Permainan ini cukup sederhana dan sering sekali dimainkan, bahkan mungkin menjadi jenis mainan favourite semua kalangan. Permainan TIC TAC TOE ini adalah permainan pengasah stategi tercepat dimana user atau CPU harus membuat garis horizontal, vertikal ataupun diagonal dengan cepat. Cpu dan user berlomba untuk membuat garis lebih dahulu, siapa yang terlebih dahulu membentuk garis maka menjadi pemenangnya.

Cara bermain
User harus menentukan posisi yang tepat untuk dapat dengan cepat membentuk garis horizontal, vertikal maupun diagonal sebelum CPU melakukannya. Gunakan tombol arah panah untuk bergeser kekanan atau kekiri menentukan posisi yang pas. Gunakan tombol tengah (OK) untuk meletakkan posisi. Terus bergeser dan cepatlah membuat garis.

Hadware dan software
Hardware:
Proccessor Core i3
RAM sebesar 2GB
Kapasitas Hardisk sebesar 320 GB.

Sofftware:
NetBeans IDE 6.0
Jdk1.6.0_10

Output


untuk mendownload game klik link dibawah ini :

Selasa, 12 April 2011

desain Grafik

1. Apa yang dimaksud dengan Grafik Desain ?
2. Apa yang dimaksud dengan Designer Grafik ?
3. Jelaskan struktur kelompok dan metode kerja pada grafik desain ?
4. Grafik Desain saat ini ?

Jawab :
1. Desain Grafis berasal dari 2 buah kata yaitu Desain dan Grafis, kata Desain berarti proses atau perbuatan dengan mengatur segala sesuatu sebelum bertindak atau merancang. Sedangkan Grafis adalah titik atau garis yang berhubungan dengan cetak mencetak. Jadi dengan demikian Desain Grafis adalah kombinasi kompleks antara kata-kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bias menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus atau sangat berguna dalam bidang gambar. Seni disain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.

2. Perancang grafis atau sering disebut dengan desainer Grafis (bahasa Inggris: Graphic Designer) adalah profesi yang menciptakan ilustrasi, tipografi, fotografi, atau grafis motion. Seorang desainer grafis menciptakan karya untuk penerbit, media cetak dan elektronik, seperti brosur dan mengiklankan produk. Mereka bertanggung jawab untuk sebuah tampilan agar tampak menarik, yang bisa diaplikasikan dalam berbagai bentuk materi promosi yang berkaitan dengan produk dan publik.

Perancang Grafis bertugas untuk menyampaikan sebuah informasi yang diinginkan oleh produk / klien dalam bentuk desain yang menarik. Seorang Desainer harus memiliki minimal 7 ( tujuh ) Dimensi Keilmuan yaitu :

  1. Wawasan Teknologi
  2. Wawasan Sains
  3. Wawasan Seni
  4. Wawasan Sosial Dan Budaya
  5. Wawasan Filsafat Dan Etika
    Point satu sampai lima digunakan untuk mengetahui cakupan hasil karya yang dituju sesuai dengan target tertentu.
  6. Kemampuan olah nirmana
    Dipakai untuk membuat hasil karya grafis yang menarik sekaligus mempunyai fungsi dan manfaat yang sesuai.
  7. Software Desain Grafis
    Digunakan untuk menerapkan kreasi ide grafis pada media elektronik sehingga dapat dibuat massal atau untuk kebutuhan krusial lainnya. (artikel lengkap ada di
    kemampuan wajib desainer grafis)
3. Seorang desainer harus selalu dapat memenuhi berbagai peran dalam sebuah Perusahaan. dan Mereka juga dapat terlibat dalam berbagai kegiatan dalam pekerjaan dan tim kreatif lainnya yang profesional. Setiap studio desain memiliki cara khusus, gaya, tujuan, dan pengaruh budaya yang dipadukan. Berikut adalah garis besar lingkungan desainer yang dapat bekerja dalam tim (kelompok).

Dalam praktek desain, seorang desainer mendapatkan sebuah pengalaman yaitu magang di sebuah studio desain dan menyelesaikan sebuah seni perguruan tinggi. Desainer tersebut memilih studio yang menerapkan pertimbangan aspek ukuran, bidang keahlian dan kreativitas dalam menerapkan ilmu desainernya .
Contohnya ; sebuah rancangan besar grup memiliki lebih banyak staff, kantor yang besar, dan pengeluaran yang lebih besar daripada sebuah studio/kantor yang kecil, akan berdampak pada jenis pekerjaan yang mereka lakukan. Sebuah agen Perusahaan yang besar mungkin meminta bayaran yang cukup besar dibandingkan agen Perusahaan kecil,sedangkan agen Perusahaan kecil mungkin tidak terlalu mampu untuk menangani sebuah project besar.

Namun, beberapa klien cenderung memilih studio yang ukurannya lebih memadai , lebih berpengalaman, terampil, dan reputasinya cocok untuk kebutuhan mereka. Disamping terampil dan kreatif, administratif dan alur kerja manajemen juga perlu dipertimbangkan

4.

Perkembangan ilmu desain grafis telah berkembang pesat saat ini banyak aplikasi yang di gunakan seperti photoshop, corel draw, 3D Max, Auto Cat dan lain lain itu adalah beberapa aplikasi yang menunjang kegiatan desain grafis dengan menggunakan media elektronik yaitu komputer.

 
Copyright © 2010 Rini Blog's | Design : Noyod.Com