Sebelum membahas tentang perbedaan uu ite negara indonesia dengan negara lain. Pada artikel ini akan menjelaskan secara singkat awal bagaimana dibentuknya uu ite d indonesia.
UU ITE mulai dirancang pada bulan maret 2003 oleh kementerian Negara komunikasi dan informasi (kominfo),pada mulanya RUU ITE diberi nama undang-undang informasi komunikasi dan transaksi elektronik oleh Departemen Perhubungan,Departemen Perindustrian,Departemen Perdagangan, serta bekerja sama dengan Tim dari universitas yang ada di Indonesia yaitu Universitas Padjajaran (Unpad),Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Indonesia (UI).
Pada tanggal 5 september 2005 secara resmi presiden Susilo Bangbang Yudhoyono menyampaikan RUU ITE kepada DPR melalui surat No.R/70/Pres/9/2005.
Dan menunjuk Dr.Sofyan A Djalil (Menteri Komunikasi dan Informatika) dan Mohammad Andi Mattalata (Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia) sebagai wakil pemerintah dalam pembahasan bersama dengan DPR RI.
Dibandingkan dengan negara-negara di atas, indonesia termasuk negara yang tertinggal dalam hal pengaturan undang-undang ite. UU yang mengatur ITE di Indonesia dikenal denga nama Cyber Law.
Cyberlaw adalah aturan hukum atau legalitas yang mengatur semua kegiatan di internet termasuk ganjaran bagi yang melanggarnya, meskipun di beberapa sisi ada yang belum terlalu lugas dan juga ada yang sedikit terlewat.Secara garis besar UU ITE mengatur hal-hal sebagai berikut :
- Tanda tangan elektronik memiliki kekuatan hukum yang sama dengan tanda tangan konvensional (tinta basah dan bermaterai). Sesuai dengan e-ASEAN Framework Guidelines (pengakuan tanda tangan digital lintas batas).
- Alat bukti elektronik diakui seperti alat bukti lainnya yang diatur dalam KUHP.
- UU ITE berlaku untuk setiap orang yang melakukan perbuatan hukum, baik yang berada di wilayah Indonesia maupun di luar Indonesia yang memiliki akibat hukum di Indonesia.
- Pengaturan Nama domain dan Hak Kekayaan Intelektual.
Perbandingan UU ITE dilingkup Negara ASEAN
Selanjutnya akan dibahas perbandingan antara UU ITE kita dengan negara lain, khususnya pada kesempatan ini dengan negara-negara tetangga kita yaitu negara-negara ASEAN.
1. Perlindungan hukum terhadap konsumen.
• Indonesia
UU ITE menerangkan bahwa konsumen berhak untuk mendapatkan informasi yang lengkap berkaitan dengan detail produk, produsen dan syarat kontrak.
• Malaysia
Communications and Multimedia Act 1998 menyebutkan bahwa setiap penyedia jasa layanan harus menerima dan menanggapi keluhan konsumen.
• Filipina
Electronic Commerce Act 2000 dan Consumer Act 1991 menyebutkan bahwa siapa saja yang menggunakan transaksi secara elektronik tunduk terhadap hukum yang berlaku.
Sedangkan pada negara ASEAN lainnya, hal tersebut belum diatur.
2. Perlindungan terhadap data pribadi serta privasi.
• Singapura
Sebagai pelopor negara ASEAN yang memberlakukan cyberlaw yang mengatur e-commerce code untuk melindungi data pribadi dan komunikasi konsumen dalam perniagaan di internet.
• Indonesia
Sudah diatur dalam UU ITE.
• Malaysia & Thailand
Masih berupa rancangan,
Sedangkan pada negara ASEAN lainnya, hal tersebut belum diatur.
3. Cybercrime
Sampai dengan saat ini ada delapan negara ASEAN yang telah memiliki cyberlaw yang mengatur tentang cybercrime atau kejahatan di internet yaitu Brunei, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam dan termasuk Indonesia melalui UU ITE yang disahkan Maret 2008 lalu.
4. Spam
Spam dapat diartikan sebagai pengiriman informasi atau iklan suatu produk yang tidak pada tempatnya dan hal ini sangat mengganggu.
• Singapura
Merupakan satu-satunya negara di ASEAN yang memberlakukan hukum secara tegas terhadap spammers (Spam Control Act 2007)
• Malaysia & Thailand
Masih berupa rancangan.
• Indonesia
UU ITE belum menyinggung masalah spam.
Sementara di negara ASEAN lainnya masih belum ada.
5. Peraturan Materi Online / Muatan dalam suatu situs
Lima negara ASEAN yaitu Brunei, Malaysia, Myanmar, Singapura serta Indonesia telah menetapkan cyberlaw yang mengatur pemuatan materi online yang mengontrol publikasi online berdasarkan norma sosial, politik, moral, dan keagamaan yang berlaku di negara masing-masing.
6. Hak Cipta Intelektual atau Digital Copyright
Di ASEAN saat ini ada enam negara yaitu Brunei, Kamboja, Indonesia, Filipina, Malaysia dan Singapura yang telah mengatur regulasi tentang hak cipta intelektual.
Sementara negara lainnya masih berupa rancangan.
7. Penggunaan Nama Domain
Saat ini ada lima negara yaitu Brunei, Kamboja, Malayasia, Vietnam termasuk Indonesia yang telah memiliki hukum yang mengatur penggunaan nama domain. Detail aturan dalam setiap negara berbeda-beda dan hanya Kamboja yang secara khusus menetapkan aturan tentang penggunaan nama domain dalam Regulation on Registration of Domain Names for Internet under the Top Level ‘kh’ 1999.
8. Electronic Contracting
Saat ini hampir semua negara ASEAN telah memiliki regulasi mengenai Electronic contracting dan tanda tangan elektronik atau electronik signatures termasuk Indonesia melalui UU ITE.
Sementara Laos dan Kamboja masih berupa rancangan.
ASEAN sendiri memberi deadline Desember 2009 sebagai batas waktu bagi setiap negara untuk memfasilitasi penggunaan kontrak elektronik dan tanda tangan elektonik untuk mengembangkan perniagaan intenet atau e-commerce di ASEAN.
9. Online Dispute resolution (ODR)
ODR adalah resolusi yang mengatur perselisihan di internet.
• Filipina
Merupakan satu-satunya negara ASEAN yang telah memiliki aturan tersebut dengan adanya Philippines Multi Door Courthouse.
• Singapura
Mulai mendirikan ODR facilities.
• Thailand
Masih dalam bentuk rancangan.
• Malaysia
Masih dalam tahap rancangan mendirikan International Cybercourt of Justice.
• Indonesia
Dalam UU ITE belum ada aturan yang khusus mengatur mengenai perselisihan di internet.
Sementara di negara ASEAN lainnya masih belum ada. ODR sangat penting menyangkut implementasinya dalam perkembangan teknologi informasi dan e-commerce.
Artikel didapat dari :
http://jayacyberlaw.blogspot.com/2009/08/sejarah-lahirnya-uu-ite_07.html
http://ruroken20.blogspot.com/2010/04/perbandingan-uu-ite-indonesia-dengan.html
Selasa, 11 Mei 2010
Policy
Policy mempunyai arti yaitu kebijaksanaan. Jadi pada pembahasan ini akan menjelaskan kebijaksanaan.
Sebuah kebijakan biasanya digambarkan sebagai sebuah rencana tindakan yang disengaja untuk menuntun keputusan dan mencapai hasil rasional (s). Istilah ini biasanya tidak digunakan untuk menunjukkan apa yang sebenarnya dilakukan, ini biasanya disebut sebagai baik prosedur atau protokol. Sedangkan kebijakan akan berisi "apa dan prosedur mengapa 'atau protokol berisi' itu apa '' bagaimana '' di mana 'dan' ketika '.
Istilah ini mungkin berlaku untuk pemerintah, organisasi sektor swasta dan kelompok-kelompok, dan individu. perintah eksekutif Presiden , kebijakan privasi perusahaan , dan parlemen aturan agar semua contoh-contoh kebijaksanaan. Kebijakan berbeda dari aturan atau hukum . Walaupun hukum bisa memaksa atau melarang perilaku (misalnya suatu hukum yang mengharuskan pembayaran pajak penghasilan), kebijakan hanya panduan tindakan terhadap mereka yang paling mungkin untuk mencapai hasil yang diinginkan.
Kebijakan atau kajian kebijakan juga bisa merujuk kepada proses pembuatan keputusan penting organisasi, termasuk identifikasi berbagai alternatif seperti program atau prioritas pengeluaran, dan memilih di antara mereka atas dasar dampak yang akan mereka miliki. Kebijakan dapat dipahami sebagai politik, manajemen, keuangan, dan mekanisme administratif diatur untuk mencapai tujuan eksplisit.
Kebijaksanaan itu sendiri memiliki dampak tidak sengaja, yaitu : Kebijakan sering memiliki efek samping atau konsekuensi yang tidak diinginkan . Karena kebijakan lingkungan yang berusaha untuk mempengaruhi atau memanipulasi biasanya sistem adaptif kompleks (misalnya pemerintah, masyarakat, perusahaan-perusahaan besar), membuat perubahan kebijakan dapat memberikan hasil yang berlawanan. Sebagai contoh, pemerintah dapat membuat suatu keputusan kebijakan untuk menaikkan pajak, dengan harapan untuk meningkatkan pendapatan pajak secara keseluruhan. Tergantung pada ukuran kenaikan pajak, mungkin ini efek keseluruhan mengurangi penerimaan pajak dengan menyebabkan pelarian modal atau dengan menciptakan tingkat tinggi sehingga warga yang terhalang dari mendapatkan uang yang dikenakan pajak. (See the Laffer curve.
Resensi dari infomasi ini di dapat dari :
http://translate.google.co.id/translate?hl=id&sl=en&u=http://en.wikipedia.org/wiki/Policy&ei=Hk3pS8aCJsOyrAeUhNSACg&sa=X&oi=translate&ct=result&resnum=1&ved=0CBAQ7gEwAA&prev=/search%3Fq%3Dpolicy%26hl%3Did
Sebuah kebijakan biasanya digambarkan sebagai sebuah rencana tindakan yang disengaja untuk menuntun keputusan dan mencapai hasil rasional (s). Istilah ini biasanya tidak digunakan untuk menunjukkan apa yang sebenarnya dilakukan, ini biasanya disebut sebagai baik prosedur atau protokol. Sedangkan kebijakan akan berisi "apa dan prosedur mengapa 'atau protokol berisi' itu apa '' bagaimana '' di mana 'dan' ketika '.
Istilah ini mungkin berlaku untuk pemerintah, organisasi sektor swasta dan kelompok-kelompok, dan individu. perintah eksekutif Presiden , kebijakan privasi perusahaan , dan parlemen aturan agar semua contoh-contoh kebijaksanaan. Kebijakan berbeda dari aturan atau hukum . Walaupun hukum bisa memaksa atau melarang perilaku (misalnya suatu hukum yang mengharuskan pembayaran pajak penghasilan), kebijakan hanya panduan tindakan terhadap mereka yang paling mungkin untuk mencapai hasil yang diinginkan.
Kebijakan atau kajian kebijakan juga bisa merujuk kepada proses pembuatan keputusan penting organisasi, termasuk identifikasi berbagai alternatif seperti program atau prioritas pengeluaran, dan memilih di antara mereka atas dasar dampak yang akan mereka miliki. Kebijakan dapat dipahami sebagai politik, manajemen, keuangan, dan mekanisme administratif diatur untuk mencapai tujuan eksplisit.
Kebijaksanaan itu sendiri memiliki dampak tidak sengaja, yaitu : Kebijakan sering memiliki efek samping atau konsekuensi yang tidak diinginkan . Karena kebijakan lingkungan yang berusaha untuk mempengaruhi atau memanipulasi biasanya sistem adaptif kompleks (misalnya pemerintah, masyarakat, perusahaan-perusahaan besar), membuat perubahan kebijakan dapat memberikan hasil yang berlawanan. Sebagai contoh, pemerintah dapat membuat suatu keputusan kebijakan untuk menaikkan pajak, dengan harapan untuk meningkatkan pendapatan pajak secara keseluruhan. Tergantung pada ukuran kenaikan pajak, mungkin ini efek keseluruhan mengurangi penerimaan pajak dengan menyebabkan pelarian modal atau dengan menciptakan tingkat tinggi sehingga warga yang terhalang dari mendapatkan uang yang dikenakan pajak. (See the Laffer curve.
Resensi dari infomasi ini di dapat dari :
http://translate.google.co.id/translate?hl=id&sl=en&u=http://en.wikipedia.org/wiki/Policy&ei=Hk3pS8aCJsOyrAeUhNSACg&sa=X&oi=translate&ct=result&resnum=1&ved=0CBAQ7gEwAA&prev=/search%3Fq%3Dpolicy%26hl%3Did
Selasa, 06 April 2010
E-Commerce
Sejarah E-Commerce
Istilah "perdagangan elektronik" telah berubah sejalan dengan waktu. Awalnya, perdagangan elektronik berarti pemanfaatan transaksi komersial, seperti penggunaan EDI untuk mengirim dokumen komersial seperti pesanan pembelian atau invoice secara elektronik.
E-Commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.
Kemudian dia berkembang menjadi suatu aktivitas yang mempunya istilah yang lebih tepat "perdagangan web" — pembelian barang dan jasa melalui World Wide Web melalui server aman (HTTPS), protokol server khusus yang menggunakan enkripsi untuk merahasiakan data penting pelanggan.
Pengertian E-Commerce
E-Commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-Commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
E-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-commerce juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.
Keuntungan E-Commerce :
1. Menyediakan harga kompetitif
2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan,
7. Mempermudah kegiatan perdagangan
Resensi :
- http://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik
Istilah "perdagangan elektronik" telah berubah sejalan dengan waktu. Awalnya, perdagangan elektronik berarti pemanfaatan transaksi komersial, seperti penggunaan EDI untuk mengirim dokumen komersial seperti pesanan pembelian atau invoice secara elektronik.
E-Commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.
Kemudian dia berkembang menjadi suatu aktivitas yang mempunya istilah yang lebih tepat "perdagangan web" — pembelian barang dan jasa melalui World Wide Web melalui server aman (HTTPS), protokol server khusus yang menggunakan enkripsi untuk merahasiakan data penting pelanggan.
Pengertian E-Commerce
E-Commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-Commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
E-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-commerce juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.
Keuntungan E-Commerce :
1. Menyediakan harga kompetitif
2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan,
7. Mempermudah kegiatan perdagangan
Resensi :
- http://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik
Minggu, 21 Maret 2010
Pekembangan Teknologi Industri di Indonesia
Perkembangan teknologi dari waktu ke waktu pasti mengalami perkembangan. Baik itu secara pesat atau pun tidak. Sejarah Teknik Industri di Indonesia di awali dari kampus Universitas Sumatera Utara [USU], Medan pada tahun 1965 dan dilanjutkan dengan Teknik Industri ITB.
Pada tahun 1966 - 1967, perkuliahan di Teknik Produksi semakin berkembang. Mata kuliah yang berbasis teknik industri mulai banyak diperkenalkan, sehingga pada tahun 1967, nama Teknik Produksi secara resmi berubah menjadi Teknik Industri dan masih tetap bernaung di bawah Bagian Teknik Mesin ITB.
Pada tahun 1968 - 1971, dimulailah upanya untuk membangun Departemen Teknik Industri yang mandiri. Upaya itu terwujud pada tanggal 1 Januari 1971.
Perkemnbangan industri terhadap perekonomian indonesia sangatlah berpengaruh, oleh karena itu perkembangan perekonomian di indonesia harus diperhatikan.
Upaya pemeritah dalam meningkatkan perindustrian di indonesia dapat dilakukan melalui dua cara yaitu : dari segi regulasi dan segi birokrasi yang dilakukan dengan cara meningkatkan SDM.
Resensi :
- http://superaccidental.blogspot.com/2010/03/perkembangan-teknologi-industri-di.html
- http://jelita249.blogspot.com/2009/08/dampak-perkembangan-industri-terhadap.html
Pada tahun 1966 - 1967, perkuliahan di Teknik Produksi semakin berkembang. Mata kuliah yang berbasis teknik industri mulai banyak diperkenalkan, sehingga pada tahun 1967, nama Teknik Produksi secara resmi berubah menjadi Teknik Industri dan masih tetap bernaung di bawah Bagian Teknik Mesin ITB.
Pada tahun 1968 - 1971, dimulailah upanya untuk membangun Departemen Teknik Industri yang mandiri. Upaya itu terwujud pada tanggal 1 Januari 1971.
Perkemnbangan industri terhadap perekonomian indonesia sangatlah berpengaruh, oleh karena itu perkembangan perekonomian di indonesia harus diperhatikan.
Upaya pemeritah dalam meningkatkan perindustrian di indonesia dapat dilakukan melalui dua cara yaitu : dari segi regulasi dan segi birokrasi yang dilakukan dengan cara meningkatkan SDM.
Resensi :
- http://superaccidental.blogspot.com/2010/03/perkembangan-teknologi-industri-di.html
- http://jelita249.blogspot.com/2009/08/dampak-perkembangan-industri-terhadap.html
Jumat, 05 Maret 2010
Shopping Cart
Sopping Cart
Sopping Cart merupakan sistem dari e-commerce. E-commerce adalah transaksi bisnis atau perdagangan secara elektronik dengan menggunakn media internet.
Sopping Cart adalah sebuah belanja maya yang memperkenankan pembeli untuk memilih beberapa item dalam sebuah toko pada web dan kemudian memasukkannya ke dalam wadah tersebut. Pembelajaan dengan shopping cart meliputi semua keunggulan yang anda perlkan dalam bisnis online. ciri-cirinya meliputi :
- Katalog online
- Web control
- Seoorang customer
- Informasi kredit
- Smartstore
Sopping Cart merupakan sistem dari e-commerce. E-commerce adalah transaksi bisnis atau perdagangan secara elektronik dengan menggunakn media internet.
Sopping Cart adalah sebuah belanja maya yang memperkenankan pembeli untuk memilih beberapa item dalam sebuah toko pada web dan kemudian memasukkannya ke dalam wadah tersebut. Pembelajaan dengan shopping cart meliputi semua keunggulan yang anda perlkan dalam bisnis online. ciri-cirinya meliputi :
- Katalog online
- Web control
- Seoorang customer
- Informasi kredit
- Smartstore
Tugas1_50408726
WEB SCIENCE
Sebelum mengenal apa itu web science, lebih baik mengenal web terlebih dahulu. Web adalah sebuah sistem yang saling terkait dalam sebuah dokumen yang berformat hypertext yang berisi beragam informasi, gambar, tulisan, suara, dan dapat di akses melalui sebuah perangkat yang disebut web browser.
Sejarah Web Science
Web Science dapat diartikan sebagai suatu ilmu pengetahuan seputar mengenai web dimana yang biasanya digunakan untuk memanipulasi suatu halaman web.
Kelahiran Web Science didorong oleh pergerakan generasi Web dari Web 1.0 ke Web 3.0.Sejak diperkenalkan Web pada tahun 1990 oleh Tim Berners-Lee. Perbedaan utama dari setiap generasi adalah sebagai berikut :
Pada Web 1.0 masih bersifat read-only. Jadi isi dari web tersebut hanya dapat dibaca oleh penggunanya. Tanpa ada interaksi sedikitpun antara penguna dan web tersebut.
Pada Web 2.0 bergerak ke arah read-write. Pada Web 2.0 kegiatan sosial sudah dimulai, dengan semakin popularnya berbagai fasilitas seperti wikipedia, blog, friendster dan sebagainya. Sehingga sudah terjadi interaksi antara web dengan penggunanya. Tetapi kendala utama pada Web 2.0 adalah penangan untuk pertukaran data atau interoperabilitas masih sulit.
Sedangkan pada Web 3.0 mengembangkan hubungan manusia ke manusia, manusia ke mesin, dan mesin ke mesin. Web 3.0 mencoba menyempurnakan Web 2.0 dengan memberikan penekanan penelitian pada Semantic Web, Ontology, Web Service, Social Software, Folksonomies dan Peer-to-Peer. Penelitian ini sangat memperhatikan ‘budaya’ sebuah komunitas terhadap kebutuhan akan sebuah data atau informasi.
Referensi :
- http://karodalnet.blogspot.com/2009/10/pengertian-www-atau-web.html
- http://web4ti.blogspot.com/2010/02/sejarah-web-science_26.html
Sebelum mengenal apa itu web science, lebih baik mengenal web terlebih dahulu. Web adalah sebuah sistem yang saling terkait dalam sebuah dokumen yang berformat hypertext yang berisi beragam informasi, gambar, tulisan, suara, dan dapat di akses melalui sebuah perangkat yang disebut web browser.
Sejarah Web Science
Web Science dapat diartikan sebagai suatu ilmu pengetahuan seputar mengenai web dimana yang biasanya digunakan untuk memanipulasi suatu halaman web.
Kelahiran Web Science didorong oleh pergerakan generasi Web dari Web 1.0 ke Web 3.0.Sejak diperkenalkan Web pada tahun 1990 oleh Tim Berners-Lee. Perbedaan utama dari setiap generasi adalah sebagai berikut :
Pada Web 1.0 masih bersifat read-only. Jadi isi dari web tersebut hanya dapat dibaca oleh penggunanya. Tanpa ada interaksi sedikitpun antara penguna dan web tersebut.
Pada Web 2.0 bergerak ke arah read-write. Pada Web 2.0 kegiatan sosial sudah dimulai, dengan semakin popularnya berbagai fasilitas seperti wikipedia, blog, friendster dan sebagainya. Sehingga sudah terjadi interaksi antara web dengan penggunanya. Tetapi kendala utama pada Web 2.0 adalah penangan untuk pertukaran data atau interoperabilitas masih sulit.
Sedangkan pada Web 3.0 mengembangkan hubungan manusia ke manusia, manusia ke mesin, dan mesin ke mesin. Web 3.0 mencoba menyempurnakan Web 2.0 dengan memberikan penekanan penelitian pada Semantic Web, Ontology, Web Service, Social Software, Folksonomies dan Peer-to-Peer. Penelitian ini sangat memperhatikan ‘budaya’ sebuah komunitas terhadap kebutuhan akan sebuah data atau informasi.
Referensi :
- http://karodalnet.blogspot.com/2009/10/pengertian-www-atau-web.html
- http://web4ti.blogspot.com/2010/02/sejarah-web-science_26.html
Cerpen
Antara Aku, Adik dan Pacar
“Aaa..de minta maaf. Bener-bener minta maaf !” kata Ayu, sambil menahan air mata. Ayu gadis manis, merunduk ketakutan disudut ruangan sambil menanggis. Dihadapannya ada sosok seorang kaka, Linda, sambil menatap kearah Ayu.
“Kenapa harus meminta maaf ?” jawab Linda, gadis berwajah cantik dengan suara santai. Santak Ayu mendengak dan melihat sosok kaka yang berada di hadapannya. Dia kira Linda akan marah dengannya, karena sudah berbohong kepadanya.
“Bener kaka ga marah sama ade ?” kata Ayu, dengan wajah pucat pasi.
“Gapa-papa adeku saying kalau begini jelas tidak usah di tutupi lagi, “ jawab Linda.
Ayu semakin merasa bersalah dengan apa yang udah dia lakukan kepada kakanya. Baru ajah Ayu dan Detri ke-gep Linda lagi jalan bareng di mall. Detri cowo populer di sekolahan mereka. Linda sering bercerita tentang Detri ke pada Ayu.
Ayu baru ingat, setelah dia ke-gep sama Linda, ia langsung menyuruh Detri pergi. Lalu Linda mengajak Ayu untuk duduk disampingnya.
“Kenapa, harus meras bersalah ?” tanya Linda.
“Jelas ade salah ka, ini sama ajah ade nusuk kaka dari belakang. Selama ini ade jalan sama Detri cowo yang kaka suka,” jelas Ayu. Seharusnya kaka marah sama ade karena udah berbohong sama kaka. Aku juga akan putusin Detri asal kaka ga marah lagi sama aku, “ tambah Ayu.
“ Ngak perlu gitu juga sih, Detri kan juga masih jomblo. Memang kaka pernah cerita sama kamu kalau kaka suka sama dia,” jelas Linda.
“Kenapa begitu ka!,” Tanya Ayu.
“Ngga buat soal cinta de!”, tegas Linda. “Cinta ga bisa di atur kapan dia harus datang kapan dia harus pergi. Karena jika kita mengingkarinya maka kita dibuat sakit olehnya!” panjang lebar Linda.
“Kaka kok tenang-tenang jah sih !” Tanya Ayu lirih.
“Kaka lebih baik kehilangan satu cowo dibandingkan kaka harus kehilangan seorang ade kaya kamu syang,” jelas Linda.
Setelah kejadian itu Ayu tetep melanjutkan hubungannya dengan Detri, tanpa harus mengumpet dari kakanya.
“Aaa..de minta maaf. Bener-bener minta maaf !” kata Ayu, sambil menahan air mata. Ayu gadis manis, merunduk ketakutan disudut ruangan sambil menanggis. Dihadapannya ada sosok seorang kaka, Linda, sambil menatap kearah Ayu.
“Kenapa harus meminta maaf ?” jawab Linda, gadis berwajah cantik dengan suara santai. Santak Ayu mendengak dan melihat sosok kaka yang berada di hadapannya. Dia kira Linda akan marah dengannya, karena sudah berbohong kepadanya.
“Bener kaka ga marah sama ade ?” kata Ayu, dengan wajah pucat pasi.
“Gapa-papa adeku saying kalau begini jelas tidak usah di tutupi lagi, “ jawab Linda.
Ayu semakin merasa bersalah dengan apa yang udah dia lakukan kepada kakanya. Baru ajah Ayu dan Detri ke-gep Linda lagi jalan bareng di mall. Detri cowo populer di sekolahan mereka. Linda sering bercerita tentang Detri ke pada Ayu.
Ayu baru ingat, setelah dia ke-gep sama Linda, ia langsung menyuruh Detri pergi. Lalu Linda mengajak Ayu untuk duduk disampingnya.
“Kenapa, harus meras bersalah ?” tanya Linda.
“Jelas ade salah ka, ini sama ajah ade nusuk kaka dari belakang. Selama ini ade jalan sama Detri cowo yang kaka suka,” jelas Ayu. Seharusnya kaka marah sama ade karena udah berbohong sama kaka. Aku juga akan putusin Detri asal kaka ga marah lagi sama aku, “ tambah Ayu.
“ Ngak perlu gitu juga sih, Detri kan juga masih jomblo. Memang kaka pernah cerita sama kamu kalau kaka suka sama dia,” jelas Linda.
“Kenapa begitu ka!,” Tanya Ayu.
“Ngga buat soal cinta de!”, tegas Linda. “Cinta ga bisa di atur kapan dia harus datang kapan dia harus pergi. Karena jika kita mengingkarinya maka kita dibuat sakit olehnya!” panjang lebar Linda.
“Kaka kok tenang-tenang jah sih !” Tanya Ayu lirih.
“Kaka lebih baik kehilangan satu cowo dibandingkan kaka harus kehilangan seorang ade kaya kamu syang,” jelas Linda.
Setelah kejadian itu Ayu tetep melanjutkan hubungannya dengan Detri, tanpa harus mengumpet dari kakanya.
Langganan:
Postingan (Atom)