Sabtu, 17 Maret 2012

Tugas 1 PerkemBangan Komputer

1. Sejarah Komputer


Komputer merupakan alat yang sekarang menjadi primadona manusia utuk membantu pekerjaannya. Mulai dari mengerjakan pekerjaan kantor sampai mendesain gambar dipermudah oleh komputer. Komputer berasal dari kata Compute yang berarti menghitung. Sehingga dengan asal kata ini kita dapat mengasumsikan bahwa alat ini pertama kali dibuat karena atas dasar kebutuhan manusia untuk menghitung sesuatu. Karena seiring dengan perkembangan kebutuhan manusia di bidang perhitungan yang semakin kompleks yang tidak cukup hanya dengan perhitungan penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian maka alat hitung (computer) terus dikembangkan. Alat-alat hitung yang mendasari munculnya komputer antara lain

1. Abacus

Abacus, yang muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini, dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi. Walaupun alat ini memang tergolong purba, tapi inilah sebuah manakarya manusia di bidang alat hitung.

2. numerical wheel calculator

Alat yang diciptakan oleh Blaise Pascal ini mulai menggunakan prinsip-prinsip mekanik. Alat ini menggunakan roda bergerigi sehingga dapat melakukan operasi penjumlahan. Alat ini menginspirasi para ilmuwan pada masa itu sehingga terus dikembangkan menjadi alat hitung yang berbasis mekanik.

3. Mesin uap Babbage

Mesin uap Babbage, walaupun tidak pernah selesai dikerjakan, tampak sangat primitif apabila dibandingkan dengan standar masa kini. Bagaimanapun juga, alat tersebut menggambarkan elemen dasar dari sebuah komputer modern dan juga mengungkapkan sebuah konsep penting. Terdiri dari sekitar 50.000 komponen, desain dasar dari Analytical Engine menggunakan kartu-kartu perforasi (berlubang-lubang) yang berisi instruksi operasi bagi mesin tersebut.

Babak baru dunia komputer mulai tahun 1940-an sampai sekarang dapat dibagi menjadi 5 babak. Semula komputer pada tahun 1940-an merupakan salah satu persaingan teknologi antara sekutu Amerika Serikat dan Jerman. Untuk memenuhi ambisi mereka dalam saling mengalahkan dalam pertempuran, teknologi menjadi salah satu faktor penentunya. Babak perkembangan komputer akan kita bahas sebgai berikut :

1. Komputer Generasi Pertama ( 1946 - 1959 )

Mungkin dapat kita katakan pada masa ini adalah masa komputer dinosaurus. Pada masa ini komputer berukuran sebesar ruangan dengan kemampuan komputasi yang sangat lambat. Sedangkan yang dapat mengoperasikan komputer jenis ini adalah orang-orang yang sudah terlatih.

Contoh komputer generasi pertama atau generasi dinosaurus komputer ini adalah ENIAC ( Electronic Numerical Integrator and Computer) yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW.

Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usha membangun konsep desin komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer(EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuh memori untuk menampung baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann tersebut.

Kelemahan utama dari komputer generasi pertama:

  1. Ukuran sangat besar.
  2. Kecepatan penyelesaian instruksi sangat lambat.
  3. Komputer cepat panas saat digunakan.
  4. Switching melalui tabung hampa udara tidak dapat diandalkan
  5. Penyejuk udara sulit bila diperlukan.
  6. Hanya ilmuwan dan insinyur yang mampu menggunakan komputer dan itu juga di daerah yang terbatas karena biaya tinggi.
  7. Mereka membutuhkan pemeliharaan yang konstan, yang sangat mahal.
  8. Menggunakan tingkat mesin bahasa rendah yaitu bahasa program ditulis langsung dalam digit biner, yang sangat rumit.

Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya.

Gambar ENIAC2

2. Komputer Generasi Kedua ( 1956 - 1964 )

Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.

Walaupun ukurannya berkurang drastis, tapi komputer pada generasi ke dua ini masih berukuran raksasa. Setidaknya masih seukuran dengan almari pakaian kita sekarang ini. Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secaa luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan.

Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapa tmencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer, analyst, dan ahli sistem komputer). Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.

kelebihan yang dimiliki komputer generasi ke dua, yaitu :

  1. Harga lebih murah
  2. Transistor berukuran lebih kecil dari tabung hampa udara terkecil.
  3. Menghasilkan panas jauh lebih sedikit.

3. Komputer Generasi Ketiga ( 1964 - 1970 )

Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen- komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

Pada masa komputer generasi ketiga ini sistem operasi didominasi oleh UNIX dan Windows. UNIX masih memenuhi pasaran untuk bidang komputer dengan spesifikasi besar, tapi Windows lebih berkecimpung di bidang komputer kecil-kecil, atau komputer kantor dan rumahan. Walaupun pada masa ini Windows masih berbasis text dengan DOS (Disk Operating System) dan berkembang menjadi Windows 3.1. yang masih sangat minim grafisnya dibandingkan dengan Apple Macinthos.

4. Komputer Generasi Keempat ( 1979v- sekarang )

Kalau pada masa generasi ke empat ini komputer sudah nggak aneh lagi kita bayangkan. Komputer pada masa ini adalah komputer yang kita lihat sekarang dengan berbagai keunikan dan kecanggihan.

Komputer generasi ke empat ini menggunakan microprocessor yang lebih kecil dan dapat bekerja lebih cepat. Untuk intel mulai dari intel i386 sampai dengan intel Pentium I, II, III, IV, Dual Core, Core 2 Duo, dan Quad Core. Kesemuanya ini berkembang sesuai irama perkembangan dunia teknologi informasi yang terus bergejolak seolah tak ada henti-hentinya untuk mengembangkan daya kreasi dan inofasi.

5. Komputer Generasi Kelima

Rencana masa depan komputer generasi ke lima adalah komputer yang telah memiliki Artificial Intelligence (AI). Sehingga komputer di masa depan dapat memberikan respon atas keinginan manusia.

Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semkain memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi. Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima.

Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia. Kita tunggu informasi mana yang lebih valid dan membuahkan hasil.


kelebihan generasi ke lima diantaranya:
  1. Kecepatan penyelesaian instruksi lebih cepat, lebih akurat, dapat diandalkan.
  2. Ukuran lebih kecil.
  3. Harga sangat murah


Referensi :
- http://merahitam.com/sejarah-komputer-dan-perkembanganya.html
- http://farazinux.wordpress.com/2008/04/14/perkembangan-komputer-dari-pra-sejarah- sampai-masa-kini-kemungkinan-masa-depan/
- http://caritauaja.info/knowledge/sejarah-perkembangan-komputer#more-2465
- http://blog.student.uny.ac.id/anis/2011/10/09/generasi-komputer/

Rabu, 25 Januari 2012

E-commerce

Contoh website e-commerce

Gambar diatas merupakan halaman awal website e-commerce yang menjual baju batik. Dan dibawah ini merupakan gambar dari target market dari pemjualan batik tersebut.

Dapat dijelaskan bahwa target market yaitu : Untuk semua kalangan dimana batik ini dapat dipesan oleh anak sekolah yang digunakan untuk seragam mereka, karyawan, organisasi/partai politik, pernikahan dan bahkan untuk keperluan hotel.

Contoh harga dari barang yang dijual seperti gambar dibawah ini :

Berdasarkan gambar diatas untuk harga produk beraneka raga tergantung dari barang apa yang dibeli.

Gambar diatas merupakan potongan dari website dimana terlihat barang apa saja yang ada pada website tersebut. Barang yang dijual pada website ini mulai dari : kemeja batik, blus lengan panjang, blus lengan pendek, jilbab, selendang bantik, taplak meja batik, seprei batik.
Untuk mempromosikan barang belanjaan dari website ini bisa diakses melalui facebook.

Link : http://www.batikmarkets.com/index.php

Senin, 23 Januari 2012

Butik Batik

Ide usaha yang ingin saya wujudkan adalah membuat sebuah butik, dimana didalam butik tersebut khusus menjual baju batik dengan berbagai model. Di butik tersebut pembeli dapat memesan model dari baju yang diinginkan. Sehingga di butik tersebut akan dipekerjakan seorang disainer untuk memenuhi keinginan pelanggan.
  • Target Market dari butik ini : Untuk semua kalangan mulai dari anak kecil hingga dewasa sehingga apabila sebuah keluarga ingin membuat seragam untuk keluarganya bisa langsung ke butik ini. Bukan hanya itu butik ini dibuat juga untuk kalangan menengah hingga atas karena butik ini menjual berbagai jenis batik.
  • Harganya : Sangatlah tidak terlalu mahal tergantung dari jenis batik yang di beli dan juga model yang diinginkan. Apabila hanya batik cap harganya sekitar Rp. 60000,- dan ada batik tulis dengan harga Rp. 3.000.000,- batik ini mahal karena dalam pembuatannya yang rumit. Apabila pembeli memesan model sendiri harga batik tersebut bisa mencapai Rp. 4.500.000,- selain harga batik yang mahal sisanya untuk membayar desainer yang mengerjakan.
  • Tempat usaha batik : Di mall ataupun didaerah perumahan, butik ini dibuat dimall karena banyak orang yang pergi ke mall untuk sekedar refresing. Sehingga banyak juga dari meraka yang ingin tahu barang yang dijual dari butik. Sedangkan apabila dibuat diperumahan untuk mempermudahkan ibu rumah tangga yang inginmembeli baju batik
  • Product yang akan ada dibutik tersebut adalah jaket, celana, couples, kemeja bahkan kain batik.
  • Promosi : Untuk butik ini dipromosikan melalui facebook, twitter maupun selembaran yang disebarkan. Untuk pembukaan awal akan diadakan diskon 10% hingga 30% tergantung dari jenis batik yang dibeli.

Minggu, 25 Desember 2011

Tes Akhir - SONET

1. Service yang cara kerjanya mirip dengan mengirim surat adalah :
a. Connection Oriented
b. Connectionless Oriented
c. Semua jawaban benar
d. Semua jawaban salah

2. Nama lain untuk Statistical Time Division Multiplexing (TDM) adalah :
a. Non-Intelligent TDM
b. Synchronous TDM
c. Asynchromous TDM
d. Semua jawaban benar

3. Hubungan laju transmisi data dengan lebar pita saluran transmisi adalah :
a. Laju transmisi naik jika lebar pita berkuran.
b. Laju transmisi naik jika lebar pita bertambah.
c. Laju transmisi tidak bergantung pada lebar pita.
d. Semua jawaban salah.

4. Teknik encoding Bipolar-AMI dan Pseudoternary termasuk dalam teknik :
a. Multilevel Binary
b. NRZ
c. Biphase
d. Manchester

5. Jika dua frame ditransmisikan secara serentak maka akan menyebabkan terjadinya tubruklan. Kejadian ini dalam jaringan dikenal dengan istilah :
a. Contention
b. Collision
c. Crash
d. Jabber

6. Salah satu protocol CSMA yang tidak terus menerus mendengarkan channel adalah :
a. 1-persistent
b. p-persistent
c. nonpersistent
d. CSMA/CD

7. Salah satu protocol yang bebas dari tubrukan adalah :
a. Bit-Map
b. CSMA
c. Carrier Sense
d. ALOHA

8. Selective Repeater merupakan istilah lain dari :
a. Router
b. Bridge
c. Gateway
d. Repeater

9. Dalam pemeliharaan ring logis 802.4, frame kontrol yang bertugas untuk mengijinkan suatu stasiun untuk meninggalkan ring adalah :
a. Claim_token
b. Who_follows
c. Token
d. Set_Successor

10.Algoritma yang digunakan untuk menghindari kemacetan adalah :
a. Broadcast Routing
b. Flow Control
c. Optimal Routing
d. Flooding Routing

11.Algoritma routing yang menggunakan informasi yang dikumpulkan dari subnet secara keseluruhan agar keputusannya optimal adalah :
a. Algoritma Global
b. Algoritma Lokal
c. Algoritma Terisolasi
d. Algoritma Terdistribusi

12.Keuntungan multiplexing adalah :
a. Komputer host hanya memerlukan satu I/O port untuk satu terminal
b. Komputer host hanya memerlukan satu I/O port untuk banyak terminal
c. Komputer host memerlukan banyak I/O port untuk banyak terminal
d. Komputer host memerlukan banyak I/O port untuk satu terminal

13.Jenis kabel UTP digunakan untuk jaringan Ethernet :
a. 10Base2
b. 10Base5
c. 10BaseT
d. Semua jawaban benar

14.Suatu algoritma routing yang tidak mendasarkan keputusan routingnya pada kondisi topologi dan lalulintas saat itu adalah :
a. Non adaptive
b. Adaptive
c. RCC
d. Hot potato

15.Data/message yang belum dienkripsi disebut dengan :
a. Plaintext
b. Ciphertext
c. Auntext
d. Choke Packet

16.Algoritma Kontrol Kemacetan yang menjaga jumlah paket tetap konstan dengan menggunakan permits yang bersirkulasi dalam subnet adalah :
a. Kontrol Arus
b. Kontrol Isarithmic
c. Pra Alokasi Buffer
d. Choke Packet

17.Sekumpulan aturan yang menentukan operasi unit-unit fungsional untuk mencapai komunikasi antar dua entitas yang berbeda adalah :
a. Sintaks
b. Timing
c. Protokol
d. Routing

18.Algoritma yang digunakan oleh transparent bridge adalah :
a. RCC
b. Backward Learning
c. Flooding
d. Shortest path

19.Dalam model OSI internetworking membagi lapisan network menjadi beberapa bagian, kecuali
a. Intranet sublayer
c. Internet sublayer
b. Access sublayer
d. Enhanchement sublayer

20.Teknik time domain reflectometry digunakan pada standard IEEE:
a. 802.2
b. 802.3
c. 802.4
d. 802.5

21.Suatu cara yang mempunyai kemampuan untuk menyedian privacy, authenticity, integrity dan pengamanan data adalah :
a. Enkripsi
b. Antisipasi
c. Deskripsi
d. Semua jawaban salah

22.Tujuan adanya jaringan komputer adalah…..
a. Resource sharing
b. Penghematan biaya
c. High reability
d. Semua jawaban benar

23.Mengontrol suapaya tidak terjadi deadlock merupakan fungsi dari lapisan :
a. Network Layer
b. Session Layer
c. Data link Layer
d. Application Layer

24.Frame yang terjadi apabila suatu stasiun mentransmisikan frame pendek kejalur ring yang panjang dan bertubrukan atau dimatikan sebelum frame tersebut dikeluarkan. Frame ini disebut dengan istilah :
a. Orphan
b. Beacon
c. Pure
d. Semua jawaban salah

25.Wire center digunakan pada standar :
a. 802.2
b. 802.3
c. 802.4
d. 802.5

26.Komponen dasar model komunikasi adalah :
a. Sumber
b. Tujuan
c. Media
d. Semua benar

27.Di bawah ini termasuk Broadcast network :
a. Circuit Switching
b. Paket Switching
c. Satelit
d. Semi Paket Switching

28.Paket radio termasuk golongan :
a. Broadcast
b. Switched
c. Publik
d. Semua benar

29.Di bawah ini termasuk guided media :
a. UTP
b. Coaxial
c. Fiber Optik
d. Semua benar

30.Modul transmisi yang sifatnya searah adalah :
a. Pager
b. Simpleks
c. TV
d. Semua benar

Tes Awal - VLSM ( Variabel Length Subnet Mask )

SoaL. . . .

TES AWAL -- VLSM (VARIABLE LENGTH SUBNET MASK)
diketahui :
*Sebuah Gedung 5 lantai
*IP Lokal 200.0.1.0/24
*IP Lokal 200.0.2.0/24
*Kebutuhan perlantai :
# 11 PC untuk Accountung Staff
# 3 PC untuk Ruang Server
# 7 PC untuk IT Staff
# 28 PC untuk Operatinal Staff
# 30 PC untuk CS Staff
  1. RANCANGLAH NETWORK SKEMANYA
  2. SUBNET SESUAI KEBUTUHAN
TULISKAN SUBNET DALAM TABEL

JAWABAN
IP = 200.0.1.0/24
Jumlah divisi = 5
Jumlah lantai = 5
Jumlah router per lantai = 5
#Subnet untuk Router per divisi = 5x (5x 3 Host + 5x (NID+BID))
Berarti 2n – 2 >= 125, n = 7, jumlah vlsm = 128
Net prefix = 32 – 7 = 25
IP router menjadi 200.0.1.0/25 – 200.0.1.127/25 dengan netmask 255.255.255.128
Pembagian Host/router = 5
Subnet untuk Router per lantai = 5×2 Host + 5x(NID + BID) = 20
Berarti 2n – 2 >= 20, n = 5, jumlah vlsm = 32
Net prefix = 32 – 5 = 27
IP router menjadi 200.0.1.128/27 – 200.0.1.159/27 dengan netmask 255.255.255.224
Pembagian Host/router = 4

Subnet untuk per divisi per lantai = 79host + 5 router + NID + BID = 86
IP = 200.0.2.0/24
Berarti 2n – 2 >= 86, n = 7, jumlah vlsm = 128
Net prefix = 32 – 5 = 27
IP router menjadi 200.0.2.0/25 – 200.0.2.127/25 dengan netmask 255.255.255.128
Pembagian Host/router = 7
Subnet per divisi dengan range IP sesuai kebutuhan dengan VLSM
Hasil SubnetGambar skema Network

Tes Akhir - VLSM ( Variable Length Subnet Mask )

SoaL. . . . . .

VLSM digunakan untuk membagi IP address menjadi beberapa network. VLSM berguna agar menghindari pemborosan pemakaian / pemberian IP address ke instansi tertentu. VLSM membagi network bukan berdasarkan kelas melainkan berdasarkan sunm=net atau disebut juga Classsless Inter-Domain Routing ( CIDR )

  • Mayor Jaringan : 200.200.0.0/16
  • Tersedia alamat IP dalam jaringan utama : 65534
  • Jumlah alamat IP yang dibutuhkan : 76
  • Tersedia alamat IP dalam subnet dialokasikan : 142
  • Sektor 0% dari ruang alamat jaringan yang tersedia utama yang digunakan
  • Sekitar 54% dari ruang alamat subnet jaringanyang digunakan

V-class Kuis SONET

SoaL. . . . . . .

1. Apakah yang dimaksud dengan komunikasi broadband ?
Komunikasi Broadband merupakan komunikasi data yang memiliki kecepatan tinggi dan juga memiliki bandwidth yang besar. Ada beberapa definisi untuk komunikasi broadband, antara lain : menurut rekomendasi ITU No.I.113, " Komunikasi broadband didefinisikan sebagai komunikasi dengan kecepatan transmisi 1,5 Mbps hingga 2,0 Mbps ", sedangkan menurut FCC di amerika, " Komunikasi Broadband dicirikan dengan suatu komunikasi yang memiliki kecepatan simetris ( up-stream dan down-stream ) minimal 200 kbps. Maka dari itu komunikasi broadband sering disebut juga dengan komunikasi masa depan. Broadband itu sendiri menggunakan beberapa teknologi yang dibedakan sebagai berikut :
  • Digitas Subscriber Line ( DSL )
  • Modem Kabel
  • Broadband Wireless Access ( WiFi dan WiMAX )
  • Satelit dan
  • Selular

2. Sebutkan keuntungan SONET ?

Keuntungan SONET ( Synchronous Optical Networking ), yaitu :

  • Dapat memberikan fungsionalitas yang bagus bagi pada jaringan kecil, medium dan besar
  • Collector rings menyediakan interface ke seluruh aplikasi, termasuk local office, PABX, access multiplexr, BTS dan terminal ATM
  • Manejemen bandwidth berfungsi untuk proses routing dan manajemen trafik
  • Jaringan backbone berfungsi menyediakan konektifitas untuk jaringan jarak jauh
  • Memiliki fitur redudansi yang mirip dengan FDDI

3. Jelaskan prinsip kerja dari ATM ??

Prinsip kerja ATM ( Automatic Teller Machine ), yaitu :

  1. Pada ATM, informasi dikirim dalam blok data dengan panjang tetap yang disebut sel. Sel merupakan unit dari switching dan transmisi
  2. Untuk mendukung layanan dengan rate yang beragam, maka pada selang waktu tertentu dapat dikirimkan sel dengan sejumlah dengan rate-nya
  3. Sebuah sel terdiri atas informasi field yang berisi informasi pemakai dan sebuah header
  4. Informasi field dikirim dengan transparan oleh jaringan ATM dan tak ada proses yang dikenakan padanya oleh jaringan
  5. Urutan sel dijaga oleh jaringan, dan sel diterima dengan urutan yang sama seperti pada waktu kirim
  6. Header berisi label yang melambangkan informasi jaringan seperti addressing dan routing
  7. Dikatakan merupakan kombinasi dari konsep circuit dan packet switching, karena ATM memakai konsep connection oriented dan menggunakan konsep paket berupa sel
  8. Setiapa hubungan mempunyai kapasitas transfer yang ditentukan sesuai dengan permintaan pemakai, asalkan kapasitas atau resource-nya tersedia
  9. Dengan resource yang sama, jaringan mampu atau dapat membawa beban yang lebih banyak karena jaringan mempunyai kemampuan statistical multiplexing

4. Apakah yang dimaksud dengan DSL ?

DSL ( Digital Subcriber Line ) merupakan atau set teknologi yang menyediakan penghantar data digital melewati kabel yang digunakan dalam jarak dekat dari jaringan telepon setempat, biasanya kecepatan download dari DSL berkisar 128 kbit/d sampai 24.000 kb/d tergantung dari teknologi DSL tersebut. Kecepatan upload lebih rendah dari download untuk ADSL dan sama cepat untuk SDSL.

Contoh teknologi dari DSL ( kadang disebut dengan xDSL ), termasuk :

  • High-bit-rate Digital Subscriber Line ( HDSL )
  • Symmetric Digital Subscriber Line ( SDSL )
  • Asymmetric Digital Subscriber Line ( ADSL )
  • Rate-Adaptive Digital Subsriber Line ( RADSL )
 
Copyright © 2010 Rini Blog's | Design : Noyod.Com